Sarapan Sebaiknya 30 Menit Setelah Bangun Tidur

Jakarta, Sarapan penting bagi kesehatan tubuh karena bisa memberikan asupan energi untuk beraktifitas. Ternyata seseorang disarankan sarapan minimal 30 menit setelah bangun tidur agar sistem pencernaan siap menerima makanan.

Ketika seseorang sarapan maka ia akan membantu tubuh untuk meningkatkan asupan energi serta menurunkan berat badan. Hal ini karena mengurangi jumlah asupan kalori berlebihan tanpa harus melewatkan waktu makan.

Beberapa ahli merekomendasikan seseorang untuk sarapan dalam waktu 30 menit setelah i abangun tidur untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme, seperti dikutuip dari Livestrong,Sabtu (14/1/2012).

Sementara itu personal trainer Shaun Horner menuturkan jika tidak memungkinkan seseorang bisa sarapan 1 jam setelah ia bangun tidur. Hal ini karena semakin lama seseorang menunda sarapan, maka semakin besar risiko ia memperlambat metabolisme yang memicu kelaparan dan kekurangan makan.

Sarapan merupakan hal yang penting karena menurut American Journal of Clinical Nutrition menemukan orang yang sering melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Serta sarapan terbukti memperbaiki suasana hati dan konsentrasi.

Beberapa makanan tertentu akan lebih menguntungkan jika dikonsumsi saat sarapan yaitu satu atau 2 porsi buah dan makanan tinggi serat seperti roti gandum atau sereal tinggi serat yang bisa mengoptimalkan kesehatan dan energi.

Selain itu menambahkan sumber protein yang rendah lemak seperti putih telur, yogurt atau daging kalkun yang dikonsumsi saat sarapan juga membantu meningkatkan daya tahan.

Namun keadaan tertentu mungkin mengharuskan seseorang untuk menunda sarapan berat, misalnya jika ingin melakukan olahraga agar tidak terjadi kram dan membakar lemak yang lebih tinggi.

sumber :http//www.detik.com

Leave a Comment