6 Hal yang Dilakukan Agar Gula Darah Tidak Tinggi

6 Hal yang Dilakukan Agar Gula Darah Tidak Tinggi

Jakarta, Mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal memang cukup sulit, karena banyak hal yang mempengaruhi. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kadar gula darah tinggi.

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh makanan, karena demam atau stres dapat meningkatkan gula darah meskipun sementara. Ketika kadar gula darah tinggi biasanya muncul perasaan cemas atau menyalahkan diri sendiri.

Berikut 6 hal yang dapat dilakukan ketika gula darah terlalu tinggi seperti dikutip dari Health, Kamis (2/2/2012) antara lain:

1. Tes gula darah sebelum makan dan 2 jam setelah makan

Tes ini dapat untuk mengetahui seberapa baik obat mengendalikan gula darah. Tes ini juga akan menjelaskan jenis makanan yang meningkatkan gula darah dan dengan demikian harus dihindari.

2. Mencari pola

Jika gula darah tinggi di pagi hari pada satu saat, hal tersebut bukan merupakan masalah besar. Jika terus terjadi, dengan peningkatan cukup bermakna. Ketika terjadi peningkatan gula darah yang cukup sering, maka hal yang terpenting adalah mencari pola.

Kalau gula darah tinggi setiap pagi, mungkin berarti hati memproduksi terlalu banyak gula pada malam. Kondisi ini membutuhkan obat baru atau obat tambahan.

3. Membuat beberapa perubahan kecil

Mungkin dapat mencoba untuk mendapatkan lebih banyak olahraga, atau membatasi karbohidrat.

4. Meninjau ulang makanan dan minuman yang telah dikonsumsi

Ketika mendapati pemeriksaan gula darah cukup tinggi, maka perlu meninjau ulang makanan atau minuman yang telah dikonsumsi. Setelah menemukan hal yang mungkin menjadi pemicunya, maka sebaiknya menghindari makanan tersebut.

5. Tenang

Tidak hanya makanan atau minuman yang dapat meningkatkan gula darah. Gula darah dapat meningkat ketika seseorang sedang memiliki banyak stres. Maka ketika mendapati pemeriksaan gula darah sedang tinggi, sebaiknya lebih santai dan rileks.

6. Pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter

Jika berpikir telah melakukan banyak cara untuk mengendalikan kadar gula darah, namun tidak berhasil. Sebaiknya konsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai yang diresepkan.

Diabetes adalah penyakit progresif dari waktu ke waktu, sel-sel beta dalam pankreas yang memproduksi insulin dapat berhenti membuat insulin. Dokter akan menganalisis lebih mendalam dan melakukan pengujian tambahan untuk mengetahui apakah ada masalah yang lebih besar.

sumber : detikhealth.com

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: